Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

"Kind Hearted Woman", "United Nature" dan "Negeri di Bawah Kabut" Film Tamu DFF 2013

"Kind Hearted Woman" karya David Sutherland (USA) menjadi film tamu Denpasar Film Festival 2013. Film dokumenter dua seri ini mengangkat kehidupan seorang janda bernama Robin Charboneau (32 tahun), dari Suku Oglala Sioux yang tinggal di Dakota Utara Spirit Lake Reservation. Sutherland mengikuti  kehidupan Robin selama tiga tahun saat ia berjuang untuk membesarkan kedua anaknya, melanjutkan pendidikannya, dan menyembuhkan diri dari trauma yang dideritanya akibat pelecehan seksual di masa kanak.

Perjuangan Robin di pengadilan menghadapi mantan suaminya untuk hak asuh anak-anaknya, upayanya menyembukan keluarga dari luka perceraian, mencari seorang pria yang layak ia cintai, membangun karier, dan perjuangannya dalam gerakan yang membantu mencegah pelecehan perempuan dan anak-anak, membawanya pada sebuah perjalanan intim dan penuh inspirasi, kepedihan, penemuan, dan penebusan.

Film tamu lainnya adalah "United Nature" film dokumenter karya Peter Charles Downey (New Zaeland) dan "Negeri di Bawah Kabut" karya Salahuddin Siregar (Indonesia).

"United Natures" adalah sebuah film dokumenter kreatif yang menggaungkan Deklarasi Universal untuk Hak-hak Bumi dan membabarkan isu-isu ecocide, keberlanjutan, permakultur, ketergantungan pada minyak bumi,  perubahan iklim, sikap-sikap skeptis, kemunafikan, filsafat lingkungan, dan spiritualitas masa depan kemanusiaan.

United Natures tak berhubungan sama sekali dengan United Nation (PBB).  Film ini merupakan film independen. Sesuai dengan semangat yang diusungnya, film ini diproduksi secara kreatif dengan proses dan studio yang ramah lingkungan yang hemat energi dan jauh dari praktek yang menimbulkan emisi gas rumah kaca.


Sedangkan "Negeri di Bawah Kabut" mengisahkan kehidupan masyarakat petani Desa Genikan di lereng Gunung Merbabu yang menyandarkan kehidupan mereka pada usaha bercocok tanam di lahan pertanian. Sebagai petani mereka mendasari semua langkahnya dengan pehitungan kalendar tradisional Jawa. Dari situ mereka berhitung mengenai pergantian musim yang sangat penting dalam usaha bercocok tanam.

Isu-isu di atas disampaikan melalui kehidupan Muryati (30 tahun) dan Sudardi (32 tahun) yang mempertanyakan betapa membingungkannya perubahan musim sehingga harga jual hasil panen mereka terjungkal hingga ke titik nadir baahkan nyaris tak berharga samas sekali. Juga dari kehidupan Arifin (12 tahun) yang  kebingungan menghadapi sistem pendidikan negeri yang rumit.


United Nature
Selasa, 20 Agustus 2013
20:30-21:30 Wita

Durasi : 60 menit
Produser : Peter Charles Downey
Sutradara : Peter Charles Downey
Penata Kamera : Chris Erb, Neel Chaudhuri, Elaine Santana,Tristan Copley Smith, Philip Wood, Maddy Harland, John Adams
Penyunting : Peter Charles Downey
Produksi : 2013


Negeri di Bawa Kabut
Kamis, 22 Agustus 2013
20:10-21:55 Wita

Durasi : 105 menit
Produser : Shalahuddin Siregar
Sutradara : Shalahuddin Siregar
Penata Kamera : Shalahuddin Siregar
Penyunting : Fajar Kurniawan, Shalahuddin Siregar
Supervisi Produksi : Sebastian Winkels
Produksi : 2008


Kind Hearted Woman
Jumat, 23 Agustus 2013
19:00-23:00 Wita

Durasi : 280 menit
Produser : David Sutherland
Sutradara : David Sutherland
Cinematografer : Kimmer Olesak
Penata Suara : Byron Smith
Produksi : David Sutherland Productions